Home Dalam Negeri / Olahraga / Peristiwa




Berita Opini - Ajang Asian Para Games 2018 sudah dimulai. Pembukaan Asian Para Games 2018 dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu, 6 Oktober 2018 lalu.

Para atlet penyandang disabilitas pun akan bertanding di ajang Asian Para Games 2018. Banyak nomor yang akan ditandingkan, di antaranya basket, bulu tangkis, memanah, renang, dan balap sepeda.

Namun, rupanya banyak kejadian menarik saat upacara pembukaan Asian Para Games 2018. Salah satunya adalah kehadiran Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang tidak hanya didampingi oleh sang istri, Iriana, tetapi juga cucu tercinta, Jan Ethes.

Berikut kejadian menarik yang terjadi saat upacara pembukaan Asian Para Games 2018.

1. Jokowi Ditemani Cucu

Dalam acara pembukaan Asian Para Games 2018, Presiden Joko Widodo beserta ibu negara Iriana, serta Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istri, Mufidah Kalla, berdiri di tribun VIP. Mereka tepuk tangan menggunakan bahasa isyarat.

Usai meresmikan Asian Para Games, Presiden Jokowi juga mengajak cucu pertamanya, Jan Ethes, duduk di tribun VIP sambil menunjukkan atraksi penari saat membawa komodo raksasa dan kapal layar untuk membentangkan bendera Asia Paralympic Committe.

Memakai kaus panjang warna abu-abu dengan celana jeans biru dan sepatu biru, Jan Ethes duduk di samping Jokowi. Dia duduk di lengan kursi yang diduduki Jokowi.

Jokowi pun menceritakan polah cucu pertamanya itu saat menyaksikan pembukaan Asian Para Games 2018, melalui akun Twitter resminya, Minggu (7/10/2018).

"Begitu menariknya pertunjukan pembukaan Asian Para Games 2018 semalam, sampai-sampai Jan Ethes tak berkedip menikmatinya dengan duduk di lengan kursi," kata Jokowi.

Seperti Asian Games, Korea Utara dan Korea Selatan mengikuti parade di bawah nama Korea Bersatu. Sebelum pawai atlet, upacara pembukaan Asian Para Games menghadirkan pertunjukan tari dari 1.500 orang yang menampilkan budaya Indonesia.




2. Jokowi Memanah

Presiden Jokowi juga melakukan prosesi memanah untuk membuka Asian Para Games 2018, bersama seorang gadis kecil yang menggunakan kursi roda. Ia adalah Bulan Karunia Rudianti, seorang anak disabilitas asal Pekanbaru.

Jokowi sempat menghampiri Bulan yang ingin menyampaikan pesan kepadanya. Sebelum memanah, video pesan-pesan dari penyandang disabilitas ditampilkan dan Jokowi turun dari tribun ke lapangan.

Jokowi kemudian memanah dengan sasaran kata "disability". Kata tersebut kemudian hancur menjadi "ability" begitu terkena panah.

Asian Para Games 2018 berlangsung di Jakarta pada 6-13 Oktober. Event ini mempertandingkan 18 cabang. Indonesia menargetkan finis tujuh besar dengan raihan 16 medali emas.




3. Penari Disabilitas

Enam penari disabilitas tampil memukau di pembukaan Asian Para Games 2018. 

Penari yang berasal dari Sanggar Smile Motivator Bandung itu mengundang decak kagum. Sebab, mereka merupakan penari dari kalangan kaum rungu.

Keenam penari itu tanpa halangan melakukan gerak tari yang kompak di pembukaan Asian Para Games 2018. Mereka hanya mengandalkan penglihatan untuk menyamai gerak dengan antarpenari lainnya.

Rahasia kekompakan penari kaum rungu itu ada pada gerakan pelatihnya. Mereka bisa kompak karena mengikuti instruksi pelatih berupa kepalan tangan yang berada di depan panggung pertunjukan.

"Kami di sini untuk menghibur dan ingin agar semua penonton bahagia," kata pelatih sanggar Smile Motivator, Eneng.





4. Ribuan Maskot Laris Manis Terjual

Tidak hanya maskot Asian Games 2018 saja yang banyak diburu masyarakat, maskot Asian Para Games 2018 yang bernama Momo juga banyak dicari masyarakat.

Bahkan, tiga jam sebelum pembukaan dimulai, maskot yang dijual di Mega Store samping Istora Senayan, Jakarta tersebut ludes.

Antrian pembeli Maskot Asia Para Games 2018 memang terlihat antusias. Panitia yang hari pertama sebelum pembukaan menyediakan 1.500 boneka maskot Momo, hanya selang kurang lebih 3 jam sudah habis diborong pembeli.

"Kita sudah antre dari tadi ternyata di dalam sudah habis," kata salah satu pembeli seperti dilansir situs Kemenpora.

Koordinator Merchandise Alexander Odang mengatakan, antusias masyarakat untuk membeli maskot Asian Para Games 2018 ternyata di luar dugaan.

"Kita juga tidak menyangka jika masyarakat sangat antusias membeli maskot Asian Para Games. Kita hari ini menyediakan 1.500, ternyata dua jam sebelum pembukaan sudah habis," kata Alex.





5. Bendera Negara Peserta Asian Para Games Dipajang

Stadion Utama Gelora Bung Karno gegap gempita dengan opening ceremony Asian Para Games 2018 pada Sabtu, 6 Oktober 2018. Mereka menyambut event olahraga penyandang disabilitas ini dengan gegap gempita.

Pantauan Liputan6.com dari Stadion Utama Gelora Bung Karno, sebanyak 43 bendera negara peserta Asian Para Games 2018 terpampang di bagian atas. Selain bendera negara para peserta, juga ada bendera Asian Para Games 2018 dan Komite Paralimpik Asia.

Semua bendera itu terpampang di atas stadion. Bendera Indonesia terletak di antara Chinese Taipei dan India.

Opening ceremony Asian Para Games mengedepankan budaya Indonesia. Mulai dari rumah adat, rumah ibadah, lagu, dan tarian daerah. Acara ini melibatkan sekitar 1.500 penari arahan Jay Subiakto.

Setelah itu penyanyi cilik Shanna Shannon menyanyikan Indonesia Raya, dengan para penari menggunakan bahasa isyarat untuk lirik lagu kebangsaan. [lpt6]

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top